Sunday, May 1, 2016

Jempol....Sebuah Rahasia

 
#Jempol
Nek ini mung guyon lo…
Jadi begini…
Tadi siang, oleh sebuah kerja bareng,
aku diundang makan siang di salah satu rumah makan.
Yang hadir ada 11 orang. 3 cewek sisanya cowok.
Pira jal cowokke?
Mesti sampian nebak 8 to?
Ga salah…tapi ada tambahan 2 cowok lagi dari pengundang.
Kami ditempatkan pada gazibu pojok.
Lesehan.
Karena lesehan, otomatis atribut kaki di lepas.
Telanjang kaki lah.
Tapi aku masih kenakan kaos kaki.
………………….
Pas acara makan,
Para bapak riuh amat.
Makannya lahap…luar biasa.
Maklum memang jam makan siang.
Wuih nyenengke nan…duwur duwuran isi piring.
Aku dan 2 temenku cewek mengambil giliran akhir.
2 temenku cewe juga tak kalah heboh maemnya.
Masih di maklum juga.
Wong badan mereka gedhi gedhi berarti ususnya juga gedhi.
Aku hanya mengambil beberapa potong filet gurami dan sausnya.
Kulengkapi dengan ca brokoli jamur, tanpa nasi.
Bukan sok kemayu atau diet lo..
Memang hari ini selera makan lagi ngilang.
……………..
Bertiga kami mengambil tempat agak jauh dari bapak-bapak.
Disela sela makan, teman perempuanku kelakar
‘Coba lihat, cara bapak-bapak itu dhahar!’
‘Kenapa sih…?’
‘Bandingkan dengan jempol kakinya…’
Aku tertawa nyaris tersedak…
‘Njuk apa hubungane…?’
‘Titeni ya…jempol laki-laki itu cuma 2 macam’
‘Ndak iya…’
‘Ho oh…, jempol besar dengan ruas besar dan jempol besar ruas kecil’
‘Sik jempol apa ki?’
‘Jempol kaki to ya…’
‘Taruhan ye…’ bisiknya.
Weh nantang perkara ini. Tapi nyaliku jadi muntab juga. Pingin buktikan.
Jempol gedhe ruas gedhe itu  linier dengan ‘keinginan’ gedhe,  pun sebaliknya.
Artinya banyak anak dan sedikit anak.
‘Ok…’ kataku mantabs.
‘Siip…, Sampian sing nyedhak nakokki ya…’
‘Acak sesuku lo..’
‘Yap…’
…………….
Maka mulailah keisengan itu.
Aku dekati wilayah bapak-bapak berpura mengambil minum.
Target pertama, bapak yang kulirik paling ganteng.
Piyayine resik, tinggi, langsep.
Dia duduk bersila masih menikmati makannya.
‘Pangapunten njih Pak, saya mau ambil minum di sebelah Panjenengan…’
‘Oh mangga Jeng…pun tak pendhetke men…’
Lelaki itu menjangkau air mineral yang tak jauh dari duduknya.
Saat dia menjangkau itulah aku lirik jempol kakinya.
Besar dengan ruas kecil agak melengkung.
‘Niki jeng…unjukkane, maaf tangan kiri nggih, tangan kanan taksih kluprut sambel…’
‘Suwun , Pak..wah Panjenengan kok luwes men leladi to…’
Kataku sembari memuji…jurus mulai dilancarkan.
‘Biasa di rumah ladeni putra-putra nggih..’
‘Mboten jeng…anak kula namung satu…’
Yap kena…
Aku mengedip ke arah teman perempuanku.
Jempol ruas kecil anak satu.
Temanku mesem.
…………….
Aku makin penasaran. Kuputuskan target ke dua.
Lelaki tegap, badan gedhe, tinggi dan kulit coklat banget.
Tipikal lelaki jawa tulen.
Dia slonjor, sambil nikmati buah di piring kecil.
Aku bergegas mengambil buah juga.
Saat hendak geser pergi, si bapak menyapa…
‘Sini saja…longgar kok…’
Siiip..pas nan ini.
Aku ikut duduk santai di sebelahnya.
Sangat leluasa melihat tipikal jempolnya.
Besaar sak ruas-ruasse…
Dia mulai ajak ngobrol basa basi, aku sambut dengan ramah.
‘Panjenengan paling timur ya Jeng di kelompok ini…’
‘Pokok mumpung muda yo semangat…!’
‘Njih Pak..suwun, la Panjenengan juga masih muda kok…’
Jiaaah..mulai..
‘Muda pripun to…anakku wis kuliah kabeh lo Jeng…’
‘Napa nggih to, Pak?’
‘He em…malah sing mbarep wis meh nikah..’
Olala…selangkah lagi..kena deh.
‘Putra pinten pak…’
‘Mung 5 Jeng…’
Gigitan semangkaku nyaris lepas, demi mendengar bilangan lima-nya.
Aku lirik teman perempuanku di pojok.
Mereka nyekikik menahan gelak.
Wis…cukup.
Aku tak hendak lagi melanjutkan.
Dengan hati hati aku pamit gabung bereng teman perempuanku.
Begitu kumpul…kami tertawa.
‘Sampian bener ik…
Ternyata karakter jempol pengaruhi jumlah anak..’
Lalu dari jauh kami amati jempol jempol para bapak itu
Sembari menebak jumlah anaknya.
Kadang kami tak kuat menahan gelak…
Aku yang paling keras ngakak.
Bukan karena jempolnya para bapak itu,
Tapi oleh imajinasi liarku
tentang besarnya jempol Tarzan, Hulk, Superman dan Batman.
Endah gedhe men…njuk pira anakke.
Tiba-tiba, temanku tanya…
‘Sik…la putramu, pira jeng…’
Waduh skak mat ki…
‘Aku anak  nomor 11…’
Kubelokkan jawabku.
Jangan sampai mereka tahu anakku cuma 1.
Wah bisa nggo bulan bulanan jempol kaki suamiku.







0 comments:

Post a Comment